PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA PELAJARAN TEMA 3 DI MI PANCASILA SUMBERKEMBAR

  • Rusnia Kasman Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
  • Ika Agustin Adityawati Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Keywords: Media Gambar, Model Kooperatif Jigsaw, Hasil Belajar, Pelajaran tema 3

Abstract

Salah satu peran seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu melakukan usaha-usaha yang dapat memberikan motivasi untuk mendorang peserta didik untuk belajar secara sungguh-sungguh. Salah satu cara memberikan motivasi belajar terhadap peserta didik dengan memberikan pelajaran dengan menggunakan media gambar dalam proses belajar mengajar, dan menggukan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, pada pembelajaran  tematik maka diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif  dalam proses pembelajaran di kelas.

Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah bagaimana pengaruh penggunaan media gambar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran tema 3 di MI Pancasila Sumber Kembar.? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang mengendalikan terhadap variabel non eksperimental tidak begitu ketat, dan penentuan sampelnya tidak menggunakan randomasi,yaitu one group pretes postest desingn  bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengaruh media gambar dan kooperatif tipe jigsaw.

Hasil dari penelitian menunjukanbahwa pengaruh penggunaan media gambar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsawmempunyainilaiSig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 , dan T tabel = 2,131 <  T hitung= 9,392,  maka ( ) ditolak dan ( ) diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa.

Published
2022-06-30
How to Cite
Kasman, R., & Adityawati, I. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 PADA PELAJARAN TEMA 3 DI MI PANCASILA SUMBERKEMBAR. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 4(1), 61-83. https://doi.org/10.31538/aulada.v4i1.901