PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS ISLAM ‎PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V MI ‎MIFTAKHUL ULUM CEPOKOLIMO

  • RIRIN ANDRIANI Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Keywords: Modul‎, Tematik berbasis Islam‎, Hasil belajar

Abstract

Landasan permasalahan yang ada di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Kurangnya bahan ajar yang membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Kurangnya keimanan dan ketakwaan siswa terhadap nikmat yang diberikan allah kepada mereka. Selain itu hasil belajar siswa kelas V menunjukan 80% siswa mendapat nilai di bawah KKM (kriteria Kelulusan Minimal). Belum ditemukanya bahan ajar yang memadukan antara konsep dengan ayat-ayat al Quran yang bertujuan untuk menambah keyakinan dan ketakwaan kepada Allah sebagai sang Khalik. Berdasarkan masalah-masalah yang telah dipaparkan,Akhirnya peneliti menghasilkan pengembangan modul tematik yang berbasis islam. Pengembangan ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui sepesifikasi, efektifitas, dan kemenarikan modul Tematik yang berbasis islam di MI Miftahul Ulum Cepokolimo. Model penelitian dan pengembangan ini yaitu ADDIE yang mempunyai 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil dari penelitian sepesifikasi modul bahwa modul tematik yang berbasis islam berbetuk media cetak. Kedua yaitu validasi, efektifitas, dan kemenarikan. Berdasarkan dari validasi ahli desain 79%, validasi ahli materi 75%, validasi ahli pembelajaran 80%, berdasarkan uji lapangan siswa dalam mencarai kemenarikan memperoleh hasil 88%, bardasarkan rata-rata hasil pre tes dn post tes yaitu 61,45 dan 91,79 yang dapat memberikan penilaian keefektifan modul. Berdasarkan hasil maka modul yang dibuat peneliti efektif, valid dan menarik.

Published
2021-01-19
How to Cite
ANDRIANI, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS ISLAM ‎PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V MI ‎MIFTAKHUL ULUM CEPOKOLIMO. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(2), 36-48. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i2.879