PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART PATRICK BERBASIS ‎PERMAINAN PADA SUBTEMA PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN ‎DI KELAS V MI TAHFIDZ AN-NASHICHAH NONGSA BATAM KEPULAUAN ‎RIAU

  • JONI JONI Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
  • BENNY ANGGA PERMADI Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
Keywords: Smart Patrick, Media Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan

Abstract

Smart Patrick merupakan Media pembelajaran Papan Pintar yang dimodifikasi bahan bakunya memakai plastik yang di desain untuk pemebelajaran berbasis permainan dengan tujuan untuk kemudahan dalam pembelajaran subtema Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. Selain itu Media Smart Patrick di rancang untuk memberikan kemudahan untuk guru menjelaskan materi dan membagi kelompok kerja siswa yang awalnya individu menjadi kelompok. Yang  di dalam terdapat manual media pembelajaran Smart Patrick serta konsep permainan kelompok yang bergerak. Media Pembelajaran alat pendukung dan merupakan salah satu alternative yang digunakan oleh seorang pendidik atau guru dalam menyampaikan sebuah materi di depan kelas. Dengan menggunakan media pembelajaran seorang guru diharapkan bisa lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa juga dapat menerima pelajaran dengan baik, menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik. Jenis Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development ‎‎(R&D) atau sering disebut pengembangan adalah model sebuah konsep memodifikasi alat bantu pendukung proses pembelajaran yang memiliki tahap-tahap atau suatu proses pemvalidan produk, baik dapat di lakukan individu maupun kelompok.

Published
2021-01-19
How to Cite
JONI, J., & PERMADI, B. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SMART PATRICK BERBASIS ‎PERMAINAN PADA SUBTEMA PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN ‎DI KELAS V MI TAHFIDZ AN-NASHICHAH NONGSA BATAM KEPULAUAN ‎RIAU. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(2), 1-35. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i2.878