ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM

  • Mahfudz Faizal Institut Pesantren KH. Abdul Chalim
  • mohammad Alfin Fatikh
  • Puji Laksono
Keywords: Kata kunci: Iklan, Endorser, Instagram, Kontruksi Sosial, Semiotika

Abstract

Abstrak

Kuatnya pengaruh jasa Endorser dalam membantu mengiklankan dengan simbol-simbol kenikmatan semu, telah berhasil membuat semacam pemikiran sehingga menggiring persepsi pada suatu pemahaman fiksi. Namun kesemua pemahaman ini dianggap seolah hal yang wajar, lantaran terpaan yang diberikan setiap harinya kepada para pengikutnya sangat begitu gencar dan massif. Endorse merupakan salah satu media iklan dari suatu produk dewasa ini, tentunya akan membawa dampak realitas yang terbangun dalam masyarakat dari setiap postingan instagram seorang Endorser. Secara fungsional media sosial (instagram) telah banyak menguasai massa. Terdapat beberapa hal yang mendorong seseorang ingin menjadi endorser diantaranya dikarenakan adanya bentuk ekspresi diri, preferensi seseorang yang sebelumnya menjalani aktivitas dalam dunia fotografi dan modelling, ekonomi profit sampai proyeksi Endorser terkait dengan rutinitas yang dijalaninya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana konstruksi sosial dan semiotika Endorser produk muslimah di instagram khususnya terkait endorsement.

 

           

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku
Berger, Peter L. & Luchman, Thomas, 1990. Tafsir Sosial Atas Kenyataan, (Jakarta : LP3ES
Burhan Bungin, 2009 Sosiologi Komunikasi. (Jakarta : Prenada Media Group).
Eriyanto, 2015. Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. (Yogyakarta : LKiSYogyakarta.
Jhon Fiske, 2012. introduction to communication studies-penerjemah. Hapsari Dwiningtyas.( Jakarta : Rajawali Pers.

Morrisan, Andy Corry Wardhani, & Farid Hamid. 2017 Teori Komunikasi Massa (Media, Budaya, dan Masyarakat, Cet, 3). (Bogor : Ghalia Indonesia)
Jurnal
Ayu Agustin Nursyahbani, 2012. “Konstruksi dan Representasi Gaya Hidup Muslimah Perkotaan: Studi Kasus pada Hijabers Community Jakarta” (Skripsi – Universitas Indonesia Depok
Bungin, Burhan, 2008. Konstruksi Media Massa : Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsummen serta Kritik terhadap Peter L Berger dan Thomas Luchman, (Jakarta : Kencana).
Puji Laksono, 2017. “Konstruksi Gender di Pesantren (Studi kualitatif pada Santriwati di Pesantren Nurul Ummah Mojokerto), (Mojokerto: Jurnal , Vol. 6, No. 1).
Puji Laksono, 2014. Subkultur Grunge (Analisis Kritis Konstruksi Realitas Sosial dan Kesadaran Kritis Musisi Grunge di Kota Surabaya). TesisProdi Sosiologi, Program PascaSarjana, UniversitasSebelasMaretSurakarta.
Thorstein Veblen, 1889. The Theory Of Leisure Time, (New York : Oxford University Press.
Internet
https://tekno.kopas.com/read/2018/02/22/16453177/berapa-jumlah-pengguna-internet-indonesia/ diakses pada tanggal 06 Februari 2019.
Published
2021-05-25
How to Cite
Faizal, M., Fatikh, mohammad, & Laksono, P. (2021). ANALISIS KONSTRUKSI SOSIAL DAN SEMIOTIKA ENDORSER PRODUK MUSLIMAH DI INSTAGRAM. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 6(1), 12-32. https://doi.org/10.1234/altsiq.v6i1.855
Section
Articles