Semiotika REPRESENTASI NILAI ISLAMI PADA SIMBOL IKLAN SARI KURMA TJ: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Representasi, Iklan Sari Kurma TJ, Semiotika Roland Barthes

  • siti haryati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Representasi, Iklan Sari Kurma TJ, Semiotika Roland Barthes

Abstract

Iklan di media massa terutama televisi menjadi media yang ampuh untuk memasarkan produk karena bersifat menyeluruh dan serentak sehingga dinilai efektif. Salah satu produk yang dipasarkan adalah produk herbal seperti madu sebagai bahan alami serta aman dikonsumsi menjadi hal yang menarik bagi konsumen apalagi produk tersebut sudah bersertifikasi halal. Produk minuman herbal berbahan madu ini sudah tidak asing di masyarakat adalah iklan Madu TJ versi “Sari Kurma TJ”.  Penelitian ini berupaya mengkaji tentang representasi nilai Islam pada iklan “Sari Kurma TJ”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tujuan memberikan gambaran suatu kejadian secara faktual, jelas, dan menyeluruh. Tulisan ini  menggunakan analisis semiotika dari Roland Barthes sebagai pisau analisis untuk mengungkapkan tanda dan makna dalam iklan “Sari Kurma TJ”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan Madu “Sari Kurma TJ” terdapat nilai-nilai Islami yang ditandai dengan buah kurma, kebun kurma dari Arab, simbol jilbab, dan pemakaian kata halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Ahmad Syamil Bin. (2013). Keistimewaan Kurma Dalam Al-Qur’an Ditinjau Dari Perspektif Ilmu Kesehatan. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ahmadi, Dadi dan Nova Yohana. (2018). Konstruksi Jilbab Sebagai Simbol Keislaman), (Jurnal MediaTor). Vol. 8. No. Diakses di ejournal.unisba.ac.id.
Andriyanto, Nofi. (2019). Kurma Perspektif Al-Qur’an. (Skripsi). IAIN Surakarta.
Aprinta, Gita. (2011). Kajian Media Massa: Representasi Girl Power Wanita Modern Dalam Media Online. (Jurnal The Messenger). Vol 2.No. 2.
AS, Ambarani dan Nazla Maharani. Semiotika Teori dan Aplikasi Pada Karya Sastra. Semarang: Semarang Press.
Dara, Adinda Rita. (2019). Analisis Semiotika Dalam Iklan Shopee 12.12 Birthday Sale Edisi BlackPink. (Skripsi) UIN Sunan Ampel Surabaya.
Fregina, Agitha. (2013). Analisis Semiotika Iklan A Mild Go Ahead Versi ‘Dorong Bangunan’ Di Televisi. (Jurnal Acta Diurna). Vol.I. No. I.
Heriwati, Sri Hesti. Semiotika Dalam Periklanan. (Jurnal Desain Interior). Fakultas Seni Rupa dan Desain Interior ISI Surakarta.www.Download.garuda.ristekdikti.go.id
Isnaini Rahmawati. Semiotik Teks Roland Barthes Dalam Kehidupan Kontemporer Umat BeragamaMengenai Fenomena Padu Padan Kebaya. Artikel.
Istiqomah, Nurul. (2016). Mengungkap Simbol Halal Dalam Iklan Kerudung Zoya di Intagram. (Skripsi). Universitas Diponegoro.
Kajian Pustaka. Landasan Teori. (Skripsi). http://www,seks-gender-dan-seksualitas.pdf.
Khikmatiar, Azkiya. (2019). Konsep Poligami Dalam Al-Qur’an (Aplikasi Semiotika Roland Barthes Terhadap Q.S An-Nisa 4:3). (Jurnal). QOF Vol. 2. UIN Sunan Kalijaga.
Lukitaningsih, Ambar. (2013). Iklan Yang Efektif Sebagai Strategi Komunikasi
Pemasaran. (Jurnal Ekonomi dan Kkewirausahaan). Fakultas Ekonomi Unversitas Sarjanawiyata Tamansiwa Yogyakarta.
Metode Penelitian, https://www.eprints.ums.ac.id
Mudjiyanto, Bambang dan Emilsyah Nur. (2013). Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. (Jurnal Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika) Jakarta.
Mustika, Rieka. (2016). Representasi Nilai-Nilai Edukasi Pada Simbol dan Elemen Video Iklan Layanan Masyarakat Internet Sehat Aman. (Jurnal Masyarakat Telematikan dan Informasi), Vol. 7. No. 2. Puslitbang Aptika IKP. Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Pangestu, Iman Pujo. (2018). Representasi Anak Muda Dalam Iklan. (Skripsi). Universitas Islam Indonesia.
Pendahuluan BAB I Kurma, Universitas Sunan Gunung Djati. Diakses di www.digilib.uinsgd.ac.id.
Pradoko, A.M.Susilo. (2015). Semiotika Roland Barthes Guna Pengembangan Penelitian Pendidian Musik dan Seni. (Jurnal), Univeristas Negeri Medan.
PT Ultra Sakti. dikutip dari https://ecc.cp.id/employer/site/view/2876/profi-pt-ultra-sakti Pada 13 Desember 2020.
Puteri, Bunga Diantirta Yapati. (2017). Analisi Semiotika Pada Iklan-Iklan Aqua di Media Televisi. (Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya). Vol.4 No. Universitas Negeri Surabaya. http://journal.unesa.ac.id/index.php.paramasastra
Sobur, Alex. (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Solikhati, Siti, dkk. (2015). Banalitas Simbol Kegamaaan Dalam Sinetron Religi: Analisis Tayangan Sinetron ‘Bukan Islam KTP’ Di SCTV. (Jurnal Ilmu Dakwah). Vol. 35. No. 1. Univeristas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Urfan, Noveri Faikar. Semiotik Mitologis Sebuah Tinjauan Awal Bagi Analisis Semiotika Barthesian. (Jurnal). Universitas Teknology Yogyakarta.
Published
2022-05-23
How to Cite
haryati, siti. (2022). Semiotika REPRESENTASI NILAI ISLAMI PADA SIMBOL IKLAN SARI KURMA TJ: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 7(1), 18-30. https://doi.org/10.1234/altsiq.v7i1.2210