MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA PT. AMEERA MEKKAH KOTA MEDAN

  • Khoir Rozzakku Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasnun Jauhari Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Keywords : Service Management, Pilgrims, Hajj and Umrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan yang dilakukan PT. Ameera Mekkah dalam meningkatkan minat calon jamaah haji dan umroh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menyediakan penelitian dalam bentuk deskriptif. Data diambil dari wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik pengabsahan data terdiri dari tiga macam yaituTriangulasi sumber, Triangulasi teknik, Triangulasi waktu.Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik induktif yaitu dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan yang di gunakan PT. Ameera Mekkah Travel ini adalah dengan menerapkan fungsi manajemen yang meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Perencanaan PT. Ameera Mekkah travel dapat meningkatkan penjualan dengan menargetkan minimal 6.000 jamaah pertahun. Pengorganisasian pada travel ini adalah saling terkait antara satu divisi dengan divisi lainnya dan setiap divisi bertanggungjawab kepada General Manager. Pengawasan di PT. Ameera Mekkah Travel ini dilakukan oleh Komisaris PT. Ameera Mekkah travel dengan cara pengawasan secara langsung dan tidak langsung. Pelayanan yang diberikan PT. Global Inspira Indonesia meliputi pendaftaran, komsumsi, kesehatan, transportasi dan penginapan. Manajemen yang diterapkan oleh PT. Ameera Mekkah ini tidak terlepas dari kerjasama dengan Kemneterian Agama untuk meningkatkan kualitas penyelenggara ibadah haji dan umroh disetiap provinsi.

 

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan, Jamaah, Haji dan Umroh

 

ABSTRACT

This study aims to determine the service management carried out by PT. Ameera Mecca in increasing the interest of prospective pilgrims and Umrah. This research is a field research (field research) using a type of qualitative research that provides research in a descriptive form. Data taken from interviews and observations conducted by researchers. Data validation techniques consist of three types, namely source triangulation, technical triangulation, and time triangulation. The data analysis technique in this study used an inductive technique, namely by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the service management used by PT. Ameera Mecca Travel is by implementing management functions which include: planning, organizing, directing, and supervising. Planning PT. Ameera Mecca travel can increase sales by targeting a minimum of 6,000 pilgrims per year. The organization of this travel is interrelated between one division and another and each division is responsible to the General Manager. Supervision at PT. Ameera Mecca Travel was carried out by the Commissioner of PT. Ameera Mecca travel by way of direct and indirect supervision. Services provided by PT. Global Inspira Indonesia includes registration, consumption, health, transportation and lodging. Management implemented by PT. Ameera Mecca is inseparable from the collaboration with the Ministry of Religion to improve the quality of Hajj and Umrah pilgrimage organizers in each province.

 

Keywords : Service Management, Pilgrims, Hajj and Umrah

 

Published
2023-08-24
How to Cite
Rozzakku, K., & Ritonga, H. (2023). MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JAMAAH HAJI DAN UMROH PADA PT. AMEERA MEKKAH KOTA MEDAN. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(3), 573-587. https://doi.org/10.31538/almada.v6i3.3962

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.