Pengaruh Pembelajaran Fiqih Terhadap Kemampuan Praktik Ibadah Siswa

  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta, Indonesia
  • Putri Salsabil Universitas Islam Jakarta
Keywords: Pembelajaran Fiqih, Kemampuan Praktik Ibadah.

Abstract

Pembelajaran fiqih thaharah wudhu memiliki keterkaitan antara guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Sebelum melaksanakan ibadah terutama shalat pasti yang harus dilakukan oleh semua umat muslim adalah berwudhu untuk menghilangkan kotoran atau najis yang ada pada dirinya. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajarah fiqih thaharah wudhu terhadap kemampuan praktik berwudhu siswa di SMP Al-Ghurabaa Jakarta Timur.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif, penarikan sampel dilakukan dengan rumus slovin dengan menggunakan metode simple random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data dengan instrument angket dan wawancara.

Hasil penelitian menunujukkan bahwa, ada pengaruh pembelajaran fiqih thaharah wudhu terhadap kemampuan praktik berwudhu siswa, dilihat dari uji koefisien Product Moment menghasilkan "????????????" atau "????????"dengan nilai 0,748, Hal tersebut lebih besar daripada "????????"pada taraf signifikan 5% = 0,217 dan taraf signifikan 1% = 0,283. Dengan demikian dapat diketahui bahwa"????????" > "????????" baik pada taraf 5% atau 1%. Maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sementara Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan angka yang penulis kemukakan maka terdapat pengaruh pembelajaran fiqih thaharah wudhu terhadap kemampuan praktik berwudhu siswa, jika guru menerapkan pembelajaran fiqih thaharah dengan baik dan benar serta didukung faktor-faktor lainnya, maka para siswa dapat menerapkan fiqih thaharah dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari.

 

Published
2023-07-31
How to Cite
Ulfah, M., & Salsabil, P. (2023). Pengaruh Pembelajaran Fiqih Terhadap Kemampuan Praktik Ibadah Siswa. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 6(3), 556-572. https://doi.org/10.31538/almada.v6i3.3554

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.