Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI

  • Ahmad Alvi Harismawan Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Moch Hafid Alhawawi Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Binti Nurhayati Universitas Islam Lamongan, Indonesia
  • Moch Faizin Muflich Universitas Islam Lamongan, Indonesia
Keywords: Moderasi Beragama, Pembelajaran PAI, Budi Pekerti, Kurikulum 2013

Abstract

Radikalisme dan serangan teroris yang selalu mengatasnamakan agama islam sedang meningkat di belahan dunia, terutama di dalam negeri tercinta indonesia, yang mengancam kebebasan beragama. Istilah "moderasi beragama" merupakan frasa dari "moderasi Islam" dan mencakup frasa "Islam moderat". Kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter digunakan dalam sistem pendidikan saat ini. Moderasi beragama tentu dapat dicapai dalam penerapan pembelajaran dengan memasukkan prinsip-prinsip atau cita-cita moderasi agama yang mendasari ke dalam prosesnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses moderasi beragama pada pembelajaran PAI di SMA Negeri 2 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mencoba menjelaskan kondisi subjek dan objek penelitian saat ini, dan metodologinya dalam penelitian ini memakai pendekatan fenomenologis untuk mencoba memahami sebuah makna kejadian dan bersosial dengan seseorang dimanapun keadaannya. Penulis dapat menarik kesimpulan tentang beberapa prinsip moderasi beragama yang terkandung dalam RPP yaitu keluhuran budi, pendirian teguh, memberikan rasa aman, dan keadilan, berdasarkan hasil dan salah satu RPP mengenai penerapan prinsip moderat dalam kehidupan bermasyarakat, dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 2 Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawi, Hapsi, dan Muhammad Anas Maarif. “Implementasi Nilai Islam Moderat Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural.” Journal of Research and Thought on Islamic Education 4, no. 2 (15 Desember 2021): 214–30. https://doi.org/10.24260/jrtie.v4i2.2037.

Amin, Rauf. “Prinsip Dan Fenomena Moderasi Islam Dalam Tradisihukum Islam.” Al-Qalam 20, no. 3 (16 Desember 2014): 23–32. https://doi.org/10.31969/alq.v20i3.339.

Ananda, Rusydi, dan Amiruddin (editor) Amiruddin. Perencanaan Pembelajaran. Disunting oleh Amiruddin Amiruddin. Medan: LPPPI, 2019. http://repository.uinsu.ac.id/6719/.

Arifin, Zainal. Evaluasi pembelajaran: prinsip, teknik, dan prosedur. Remaja Rosdakarya, 2009.

Azra, Azyumardi. Moderasi Islam di Indonesia: dari ajaran, ibadah, hingga perilaku. Kencana, 2020.

Darmadji, Ahmad. “Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia.” Millah: Jurnal Studi Agama, 2011, 235–52. https://doi.org/10.20885/millah.vol11.iss1.art12.

Fitriyana, Pipit Aidul. “Dinamika Moderasi Beragama Di Indonesia.” Litbangdiklat Press Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, t.t., 248.

Hakim, Abdul, dan Fajri Dwi Yama. “Efektivitas Penerapan Ujian Tanpa Pengawasan Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Hadist Di Sma Islam Athirah Boarding School Bone.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (23 Februari 2020): 100–120. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.489.

Hamdi, Mohamad Mustafid. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (1 Oktober 2020): 66–75.

Ilmi, Munaya Ulil, Farid Setiawan, Maulida Nurul Hikmah, Arrum Kharisma, Dimas Feryawan, dan Aiman Affan Hanafie. “The Basic Concepts of Evaluation and Its Implementation in IRE Lessons in The Pandemic Era.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 2 (30 Juli 2021): 175–90. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.50.

Kartiko, Ari, Muhammad Mujtaba Mitra Zuana, Akhmad Sirojuddin, Muhammad Huusnur Rofiq, dan Muhammad Anas Maarif. “ASWAJA Ke-NUan-BASED ISLAMIC MODERATE EDUCATION AS A RADICALISM STRATEGY.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 3, no. 2, July (8 Oktober 2020): 88–101. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v3i2.98.

Khusnan, Ach. “Teknologi Pembelajaran Pai (Pendidikan Agama Islam) Dalam Paradigma Konstruktivistik.” Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 4, no. 2 (2011): 154–67. https://doi.org/10.37812/fikroh.v4i2.18.

Lubis, M. Syukri Azwar, Endang Fatmawati, Emy Yunita Rahma Pratiwi, Joko Sabtohadi, dan Antono Damayanto. “Understanding Curriculum Transformation Towards Educational Innovation in The Era of All-Digital Technology.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (18 Mei 2022): 526–42. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.2110.

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya, 1989.

Mujani, Wan Kamal, Ermy Azziaty Rozali, dan Nor Jamaniah Zakaria. “The Wasatiyyah (Moderation) Concept: Its Implementation In Malaysia.” Mediterranean Journal of Social Sciences, 1 Juli 2015. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n4s2p66.

Mumtahanah, Lusia. “Integrasi Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (7 Februari 2020): 55–74. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.461.

Pakpahan, Poetri Leharia, dan Umi Habibah. “Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI Dan Budi Pekerti Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 1 (10 Januari 2021): 1–20. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19.

Rosad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 02 (2019): 173–90.

Safi’i, Imam, dan Hepi Ikmal. “Multiculturalism In Indonesian Civilization (Critical, Tolerant, And Empaty).” Jurnal Al-Murabbi 6, no. 1 (31 Desember 2020): 38–47. https://doi.org/10.35891/amb.v6i1.2405.

Setiawan, Andi. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia, t.t.

Sodikin, Ahmad, dan Muhammad Anas Ma`arif. “Penerapan Nilai Islam Moderat Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 19, no. 2 (27 Agustus 2021): 188–203. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i2.702.

Sudaryono. Metode Penelitian Pendidikan. Prenada Media, 2016.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta, 2008.

Sugiyono, Sugiyono. “The Evaluation of Facilities and Infrastructure Standards Achievement of Vocational High School in the Special Region of Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 25, no. 2 (31 Desember 2021): 207–17. https://doi.org/10.21831/pep.v25i2.46002.

Suharto, Babun. Moderasi Beragama: dari Indonesia untuk Dunia. LKis, 2019.

Suharto, Toto. “Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 9, no. 1 (1 September 2014): 81–109. https://doi.org/10.15642/islamica.2014.9.1.81-109.

Syuhud, A. Fatih. Ahlussunnah Wal Jamaah: Islam Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai. A. Fatih Syuhud, 2018.

UHBIYATI, Nur. Ilmu pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Umar, Nasaruddin. Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia. Elex Media Komputindo, 2021.

Widjaja, Gunawan, Sanchita Bhattacharya, Muhammad Anas Ma`arif, dan Aslan Aslan. “Anti-Radicalism Islamic Education Strategy in Islamic Boarding Schools.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 6, no. 2 (15 April 2022): 74–85. https://doi.org/10.35316/jpii.v6i2.405.

Published
2022-08-06
How to Cite
Harismawan, A., Alhawawi, M. H., Nurhayati, B., & Muflich, M. F. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(3), 291-305. https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2597