Perencanaan Strategi Berbasis Nilai di Lembaga Pendidikan Tinggi

  • Fauzan Adhim Institut Agama Islam Al Falah As-Sunniyah Kencong Jember
  • Muhammad Nur Hakim

Abstract

Salah satu penyebab optimalisasi pengembangan lembaga pendidikan adalah strategic Planning. Proses ini mengawali seluruh rangkaian aksi pembentukan dan mengembagan organisasi. Cita-cita, tujuan dan garis-garis besar pengembangan organisasi menjadi produk utama dari perencanaan strategi. Proses ini dilakukan untuk memberikan gambaran masa depan organisasi dengan memperhitungkan kondisi masa kini.  Dalam diskursus manajemen strategi, proses ini istilahkan dengan formulasi strategi.  Secara fungsional, formulasi strategi dapat menjadi branding institution yang pada saatnya akan menjadi daya tarik dan perangkat utama dalam memenangkan persaingan secara lebih terukur.

Penggunaan  strategic planning dalam pengelolaan lembaga pendidikan masih cenderung sebatas fungsi administratif dan tidak menjadi pedoman implementasi organisasi. Hal ini disebabkan oleh paradigma bahwa secara teori, manajemen strategi jauh dari nilai-nilai yang di anut dalam lembaga pendidikan. Dimana, lembaga pendidikan merupakan organisasi yang memiliki falsafah yang berbeda dengan industri. Atas dasar inilah, konstruksi perencanaan strategi dalam lembaga pendidikan perlu diliputi dan di warnai nilai-nilai yang relevan dengan konteks pendidikan.

Penelitian ini secara spesifik dilakukan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana lembaga pendidikan dikelola dengan nilai dan prinsip-prinsip yang berbasis pada kearifan institusional. Dimana, penelitian dilakukan di dua universitas yang sama-sama memiliki basis nilai yang berbeda. Namun demikian, secara proses masih memiliki titik kesamaan. Titik kesamaan inilah yang diabstraksikan menjadik prinsip dan nilai-nilai yang dapat dianut oleh seluruh lembaga yang hendak mengembangkan pendidikan berbasis nilai.

Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah temuan bahwa, formulasi strategi atau perencanaan strategi memiliki tiga proses, yaitu Analisis eksternal-internal dan analisis sumber-sumber ideologi, Penetapan Visi-misi dan Kebijakan Strategi. Masing-masing proses dan tahapan tersebut memiliki tata nilai yang harus di atas dan menjadi pedoman pengembangan lembaga. Penelitian ini juga menemukan tata nilai yang secara filosofis menjadi dasar pengembangan, tetapi selain itu juga terdapat beberapa nilai terapan yang secara teknis dalam mengilhami proses perencanaan strategi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu bakar ahmad bin Hasan Al Baihaki, Sunan Al Qubra, Juz I, (Maktabah Syamilah),

Akdon, Strategic Management for Educational Management, (Bandung: Alfabeta, 2011),

Al Mawardi, Al Nuktu wa al Uyun, jilid I, (Maktabah Syamilah),

Amirullah, Manajemen Strategi: Teori-Konsep-Kinerja, (Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015),

Anton Persson, Strategic Management, of Higher Education Interprises, (Zurich: Lingkoping University, 2007

Arnoldo C. Max dan Nicolas C. Maljuf, Strategic Management: An Integrative Perspective, (Prentice Hall: New Jersey, 1984),

Crown Dirgantoro, Manajemen Stratejik, (Jakarta: Grasindo, 2001

Dale Zand, Reviewingthe Policy Proces, (California Management Review , 1978),

E. Mark Hanson, Educational Administrasional and Organizational Behavior, (USA: School Management and Organization, 1990),

Emerson Wagner Mainardes, Strategi and Strategic Management Concepts: Are They Recognised by Management Student, Jurnal Business Administrations and Management, DOI: 10.15240/tul/001/2014-1-004. NO. 1, Vol. XVII, 2014,

Farhad Analoui, Akram Samour, (2012) "Strategic management: the case of NGOs in Palestine", Management Research Review, Vol. 35 Issue: 6, pp.473-489,

Fred R. David and Forest R. David, Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing, Terj. Novita Puspasri, (Jakarta: Salemba Empat, 2016),

Fred R. David dan Forest R. David, Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunguulan Bersaing, Terj. Novita Puspasari, (Jakarta: Salemba Empat, 2017),

Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kamus Bisnis, (Jakarta: Gramedia Pusaka Utama, 1997),

G.G. Dess, Consensus on Strategy Formulation and Organizational Performance: Competitor in a Fragmented Industry, (Strategy Management Journal, Juni, 1987),

H. Rowe, R. Mason and K. Dickel, Strategic Management and Business Policy: A Methodological Approach, (Wessley: Reading MA, 1982),

Haidar Nawawi, Manajemen Strategik: Organisasi Profit Bidang Pemerintahan, (Yogyakarta: Gadjah Mada Universuty Press, 2012),

Heinz Weirich, The TOWS Matrix: A Tool for ituasional Analysis, Long Range Planning 15, No. 2, April 1983,

Hakim, Muhammad Nur. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Islam Unggulan.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2016): 104–114. Accessed November 3, 2018. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/7.

———. “Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto).” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 121–139. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/245.

———. “Upaya Kepala Madrasah Dalam Membina Budaya Religius.” iMProvement 5, no. 1 (2018): 74–88.

HLM. B Sutopo, Pengumpulan dan Pengolahan Data dalam Penelitian Kualitatif dalam (Metodologi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis), (Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang, tt),

Ibnu Asyur, Al Tahrir wa Al tanwir, Juz 14 (Maktabah Syamilah),

J. B. Barney, Looking Inside for Competitive Advantage, Journal of Management, Vol. 17, No. 1,

J. David Hunger & Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis, Terj. Julianto Agung, (Yogyakarta: Andi, 2003),

J. David Hunger and Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis, Terj. Julianto Agung, (Yogyakarta: Andi, 2003),

J. R. Galbraith and R.K. Kazanjian, Strategy Implementation, Structure System and Process, West Publishing, 1986,

J. Whittaker, Mandate For Strategic Planning and Performance Measurement, (GPRA: 1993),

Jack. C. Richards, Longman Dictionary of Language Teaching and Appied Linguistics, (Malaysia : Longman Group, 1999),

K. Ascher and B. Nare, Strategic Planning in The Public Sector, International Review of Strategic Management, Vol. 1,

Kee S. Kim, (2004) "Strategic planning for value based management: An empirical examination", Management Decision, Vol. 42 Issue: 8, pp.938-948,

L.L. Byars and T. C. Neil,8 Organizational Philosophy and Mission Statement, Journal Planning Review, Juli 1987,

Laurence Jauch R. William F. Glueck, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Terj. Muraddan AR. Henry Sitanggang, (Jakarta: Erlangga, 1997),

M. J. Chen, Competitor Analysis and Interfirm Rivalry: Toward a Theoritical Integration, Academy of Management Review 21, 1996,

M. Klemm, S. Sanderson, and G. Luffman, Mission Statements: Selling Corporate Values to Employees, Journal, Long Range Planning, Juni 1991,

M.B. Miles, & A.M. Huberman, Qualitatif Analysis, (Penerjemah: Rohidi, R. T.).(Jakarta: UI-Press., 1992),

Manajemen Strategik, (Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Moestopo, 2016),

Max Weber, The Theory of Social and Economic Organization, (New York: Oxford Unoversity Press, 1947),

Michael K. Allio, Strategic Dasboards: Designing and Deploying The to Improve Implementation, Strategy and Leadership, 40, No. 5, 2012,

Myroslava Hladchenko, (2015) "Balanced Scorecard – a strategic management system of the higher education institution", International Journal of Educational Management, Vol. 29 Issue: 2, pp.167-176,

Naceur Jabnoun, Islam and Management, (Riyadh: International Islamic Publishing House, 2008),

Nanang Fattah, Manajemen Strategik Berbasis Nilai, (Bandung: Rosda Karya, 2016),

Noeng Muhadjir, Metodologi Keilmuan: Paradigma Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2007),

Paul Chinowsky, Strategic Management in Construction Education, Journal of Construction Education, Vol. 3, No. 1, 198,

Pearce J. A. Ii, The Company’s Mission as a Guide to Strategic Action, Strategic Planning and Management Handbook”, (Edited by King and Cleland, 1987),

Pearce, John A.II and Richard B. Robinson, Jr, Strategic Management: Strategy Formulation and Implementation, Homewood, III: Richard D. Irwin, 1998,

R. Barret, Building a Value-Driven Organization: A Whole System Approach to Cultural Transformation, (Boston: Butterworth-Heinemann, 2006),

R.E. Caves and P. Ghernawat, Identifaying Mobility Barriers, Strategic Management Journal, Janurari 1992,

R.H. Davis, Strategic Management of Not-For-Profit Organizations, (New York: Praeger, 1984),

Rachmat, Manajemen Strategik, (Bandung: Pustaka Setia, 2014),

Rahmat, Manajemen Strategik, (Bandung: Pustaka Setia, 2014),

Robert C. Bogdan dan Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, (Boston: Aliyn and Bacon, Inc., 1998),

Robert Grand, The Resource Based Theory of Competitive Advantage:Implication for Strategi Formulation, (California: California Management Review, 1991),

Robert K. Yin, Case Study Research: Design and Methods, (Beverly Hills: Sage Publications, 1987),

S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, (Bandung: Tarsito, 2003),

Shivaprasad Dandagi, Umesh Bhushi, Virupaxi Bagodi, Deepankar Sinha, (2016) "Strategic management of technical university: structural equation modelling approach", Journal of Modelling in Management, Vol. 11 Issue: 1, pp.75-90,

Stephen P. Robbin, Organizational Behavior , (New Jersey: Prentice Hall International, 2003), Mike Woodcook and Dave Francis, Unblocking Organizational Values, (London: Scott Foresman and Company, 1990),

Sumardi Suryabrata, Metodologi Penelitian (Raja Grafindo: Jakarta, 1998),

Syamsuddin al Qurtubi, Al Jami’ al Ahkam li Al Qurtubi, (Maktabah Syamilah),

Syihabuddin Ibnu Hajar al Atsqolani, Fath Al Bari, juz V, (Maktabah Syamilah),

Teun A. Van Dijk, 1998, Ideology A Multidiciplinary Approach, London: SAGE Publication,

UU SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003

Valentina Parakhina, Olga Godina, Olga Boris, Lev Ushvitsky, (2017)."Strategic management in universities as a factor of their global competitiveness", International Journal of Educational Management, Vol. 31 Issue: 1, pp.62-7

Valentina Parakhina, Olga Godina, Olga Boris, Lev Ushvitsky, (2017).

Valerij Dermol, The Importance of Communication and Internalization of organization Values, Company Mission, and Vision,(Romania,Management, Knowlegde and Learning, 2016),

Yatim Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Surabaya : SIC,2001),

Yohana, Analisis Gaya Kepemimpinan, Formasi No. 8 Tahun 200, Jurnal IV,hlm.

YS. Lincoln and Egon G. Guba, Naturalistic Inquiry, (Beverly Hill, Caifornia: Sage Publications, 1985),

Published
2020-02-10
How to Cite
Adhim, F., & Hakim, M. (2020). Perencanaan Strategi Berbasis Nilai di Lembaga Pendidikan Tinggi. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 259-279. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.548