Intensifikasi Program Pembinaan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Guru di Lembaga Kursus Al-Qur’an Masjid Al-Falah Surabaya

  • Ahmad Junaidi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Coaching, Teachers, Quality

Abstract

In the process of formal, non-formal and informal education, a teacher is a determining factor for his students success. Therefore, sufficient competence, skills in a variety of representative fields as well as quality-scientific specialization are essential capital that must be continuously improved in order to realize quality- education services for all students. So, all Educational Institutions including the Al-quran Course of Al-falah Mosque Institute are responsible for facilitating teachers developing to achieve their best quality by conducting intensive coaching as mandated by Government Regulation No. 19 of 2005. This research was conducted by using a descriptive qualitative approach, that the aim is knowing generally the quality of teachers, the variety and the realization of intensive coaching programmed twice every month with the conclusion that teachers coaching at the Alquran -Course Institute of Al-falah Mosque (LKF) is carried out continuously with high intensity and significant results.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Runtini, Dampak Peningkatan Kesejahteraan Guru Terhadap Mutu Pemina, Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol XX, No.2,(2014); 213

Pengembang Ilmu Pendidikan FIP –UPI, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan (Bandung: Pt Imperial Bhakti Utama, 2007 ), 72

Andriani Dwi Esti, Mutu Guru dan Implikasinya terhadap Mutu Pendidikan, Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol. V, No.1, (2009):50-60

Cahyana Ade, Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Otonomi Satuan Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol XVI, No. 2,(2010): 110

Ahmad Susanto, Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, (Jakarta: Prenada Media, 2016), 130

Rukajat Ajat, Pendekatan penelitian kualitatif, (Yogyakarta: Budi Utama, 2018), 36

Harry Pramono, Pengaruh Sistem Pembinaan, Sarana Prasarana Dan Pendidikan Latihan Terhadap Kompetensi Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Di Kota Semarang, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 29 N0.1 (2012);8

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 (2003), Pasal 39.

Wardan khusnul, Guru Sebagai Profesi, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019), 136

AliSudin, Kurikulum dan Pembelajaran, (Bandung: Upi Pres, 2014), 67

Maujud, Fathul, Peran Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta’allim Pagutan Kota Mataram), Jurnal, Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume V No. 2 (2017); 94

Umar, Pengantar Profesi Keguruan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2019),116

Jonathan Sarwono, Strategi Melakukan Riset Kuantitatif, Kualitatif dan Gabungan, Maya (Jakarta: Andi Yogyakarta, 2013)

Nana Surya Permana, Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Dengan Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, (2017),1

Moh. Arif, Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Jurnal Epistemé, Vol. 8, No. 2, (2013);416

Said Masykur, Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam al-Idarah, Vol,1 No.1, (2014),45

M. Shabir U, Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas Dan Tanggung Jawab, Hak Dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru, jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 (2015);221

Mujtahid, Pengembangan Profesi Guru, (Malang: UIN Maliki Press, 2011); 33

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008); 39

Undang –Undang Republik Indonesia, Tentang Sistem Pendidikan Nasional No.20. Tahun 2003, Pasal I

Suryana. Pengaruh Strategi Pengembangan Mutu Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK MVP ARS Internasional Bandung Jurnal Economica, Vol I, No.2 (2014); 145

Heru Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008),150

Ali, Mohammad. ‘Penggunaan Professional Development School Dalam Praktik Kependidikan Untuk Mengembangkan Profesionalisme Calon Guru’. Jurnal Ilmu Pendidikan 7, no. 3 (5 February 2016). https://doi.org/10.17977/jip.v7i3.666.

Ariyanti, Nova Syafira, Ahmad Supriyanto, and Agus Timan. ‘Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah’. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 2 (5 September 2019): 157–68. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314.

Creswell, John W. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing among Five Approaches. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications, 2007.

Fajriana, Anggun Wulan, and Mauli Anjaninur Aliyah. ‘Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (11 August 2019): 246–65. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324.

Jamin, Ahmad. ‘Pendidikan Islam Sebagai Sebuah Sistem (Transformasi Input Menuju Output Yang Berkarakter)’. ISLAMIKA 15, no. 2 (2016). http://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/47.

Lasmawan, I. Wayan. ‘Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Kinerja Guru Sekolah Dasar Dalam Rangka Menunjang Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Pada Area Garapan Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng–Bali’. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 42, no. 2 Jul (31 July 2009). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i2 Jul.1735.

Ma`arif, Muhammad Anas. ‘Pendidikan Islam Dan Tantangan Modernitas (Input, Proses Dan Output Pendidikan Di Madrasah)’. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (22 March 2016): 47–58. https://doi.org/10.31538/ndh.v1i2.1.

Ma’arif, Muhammad Anas. ‘Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji’. ISTAWA 2, no. 2 (2017): 35–60.

Ma’arif, Muhammad Anas, and Muhammad Husnur Rofiq. ‘The Model of Character Teacher: Phenomenology at Daruttaqwa Gresik Islamic Boarding School’. ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education 3, no. 2 (2 January 2019): 131–52. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v3i2.131-152.

Mann, Karen V. ‘Chapter 8: Learning and Teaching in Professional Character Development’. In Lost Virtue, 10:145–83. Advances in Bioethics 10. Emerald Group Publishing Limited, 2006. https://doi.org/10.1016/S1479-3709(06)10008-4.

Nurhadi, Nurhadi. ‘Concept Of The Mosque As An Education Means Faith And The End Of Children In The Modern Era’. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (11 August 2019): 190–208. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.333.

Rasi’in, Rasi’in. ‘Menakar Standar Madrasah Bermutu’. Kordinat | Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam 15, no. 1 (1 April 2016): 75-88–88. https://doi.org/10.15408/kordinat.v15i1.6308.

Published
2019-11-29
How to Cite
Junaidi, A. (2019). Intensifikasi Program Pembinaan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Guru di Lembaga Kursus Al-Qur’an Masjid Al-Falah Surabaya. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 227-246. https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.460