Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pendidik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran

  • Ari Kartiko Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto
  • jaya Roza Azzukhrufi Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
Keywords: Kinerja Pendidik, Budaya Organisasi, Kompensasi, Pendidik

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan kontribusi pendidik dilakukan dengan efektif dan berprilaku baik menjadikan sesuatu hal yang penting. Karena setiap pendidik harus mampu memperhatikan secara pasti mana yang menjadi tanggung jawab dan prioritas utamanya dalam rangka mencapai kinerjanya. Budaya organisasi dikatakan kuat apabila sumber daya pendidiknya memiliki nilai inti bersama seperti menjaga hubungan harmonis setiap pendidik. Semakin banyak nilai inti, semakin kuat budayanya, semakin besar pengaruhya terhadap perilaku organisasi dan mudah menjadi fasilitator bagi peningkatan mutu peserta didik dan madrasah. Selain budaya organisasi, kompensasi juga mampu meningkatkan kinerja pendidik secara baik dan maksimal. Kompensasi merupakan sesuatu yang diberikan kepada pendidik sebagai pengganti atas kontribusi jasa yang telah diberikan pendidik pada madrasah. Setiap pendidik dalam suatu madrasah berkeinginan untuk mendapatkan kompensasi yang adil dan layak sesuai dengan harapannya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian yang bersifat terus menerus terhadap pelaksanaan budaya organisasi dan kompensasi, agar pendidik tidak asal dalam menjalankan tugasnya dan pendidik selalu mempunyai ukuran produktif atas kinerjanya. Dalam hal ini peneliti ingin meneliti lebih jauh mengenai budaya organisasi dan kompensasi, MA NU Mazro’atul Ulum Paciran

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

jaya Roza Azzukhrufi, Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto

Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam

References

Aziz, abdul. Memahami Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Crysoekamto, Asep Saifuddin dan Rudolf. Research Methodology: MODUL METPEN Pascasarjana IKHAC. Mojokerto: Institut KH Abdul Chalim, 2017.
Dessler, Gary. Manajemen Sumber Daya Manusia. 14th ed. Jakarta: salemba empat, 2017.
Haris, Ikhfan. Indeks Kinerja Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2016.
Hasibuan, Malayu. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Ikhwani, Zain dan Eka Prihatin. Pengaruh Kompensasi dan Iklim Orgnisasi Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru non PNS Madrasah Aliyah. Bandung: Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. XXIII, No. 1 (2016): 12-25
Indrawijaya, Adam Ibrahim. Teori, Perilaku, Dan Budaya Organisasi. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Jondar, Aloysius, Heri Sudarsono. Karakteristik Budaya Organisasi di Klinik Dr. Eko Surabaya. Surabaya: Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora. Vol. 9, No. 1 (2015): 47-66
Mangkunegara, Anwar Prabu. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama, 2007.
———. Perilaku Dan Budaya Organisasi. Cetakan Ke. Bandung: PT Refika Aditama, 2010.
Muhammad, Fadel. Reinventing Local Government: Pengalaman dari Daerah. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.
Mulyadi, Harry. Hubungan Kepemimpinan dengan Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Pasaman. Padang: Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 2, No. 1 (2014) : 302-831
Muslim. Kompetensi Guru, Budaya Organisasi, dan Pelayanan terhadap Kepuasan Orang Tua Murid pada Sekolah Menengah Atas Islam Hasmi Bogor. Bogor: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. I, No. 1 (2018): 44-69
Nuraisyah, Siti. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri di kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara. UT: Jurnal Bisnis dan Manajemen Ekskutif, Vol. 1, No. 1 (2014)
Ndraha, Taliziduhu. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Pabundu. Budaya Organisasi Dan Peningkatan Kinerja Karyawan. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Purwanto, Edi. Metode Penelitian Kuantitatif. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2013.
Robirodia, Zain Ikhwani Jihadi, and Eka Prihatin. “Pengaruh Kompensasi Dan Iklim Organisasi Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Non PNS Madrasah Aliyah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 23, no. 1 (2016): 12–25.
Sarasasti. “Usaha Pengawas Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI Di Madrasah Kota Solok.” Jurnal Al-Fikrah 3, no. 1 (2015): 12–21.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: ALFABETA, 2013.
Sarwono, Jonathan. Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis Dengan SPSS. Yogyakarta: CV Andi ffset, 2007.
Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama, 2011.
Sobirin, Achmad. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna dan Aplikasinya dalam Kehidupan Organisasi. Jakarta: Unit Penerbit STM YPKN, 2013.
Soetopo, Hendyat. Perilaku Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
Sobirin, Achmad. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna Dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Jakarta: Unit Penerbit STM TPKN, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Ke. Alfabeta, 2015.
Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Triatna, Ceci. Prilaku Organisasi Dalam Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Uha, Ismail Nawawi. Budaya Organisasi Kepemimpinan Dan Kinerja. Depok: KENCANA, 2017.
Usman Fauzi. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Trakindo Utama Samarinda.” eJournal Ilmu Administrasi Bisnisournal Ilmu Administrasi Bisnis 2, no. 3 (2014): 172–85.
Usmany, Tiara Putri. Dkk. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasional dan Kinerja Karyawan. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 37, No. 2. (2016)
Wardani, Rodiatul Kusuma, dkk. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 31, No. 1(2016) : 58-64
Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. malang: UI
N-Malang Pers, 2008.
Published
2019-09-05
How to Cite
Kartiko, A., & Azzukhrufi, jaya. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pendidik Di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 207-226. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.351