PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA MELALUI SINAU BARENG ADEMOS INDONESIA

  • Nurul Istifadhoh Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

Abstract

Pemuda merupakan sosok yang sangat tepat dalam menghadapi perkembangan dunia, karena pemuda diilustrasikan sebagai seseorang yang memiliki semangat tinggi, bertenaga dan berintelektual. Peran pemuda dirasa sangat penting dalam membangun suatu negara. Hal ini dikarenakan pemuda memiliki andil yang cukup melalui perencanaan, pengembangan maupun strategi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan suatu negara. Hal inilah yang menjadi alasan mendasar pemerintah dengan  menyiapkan pemuda dan sumber daya manusia lainnya supaya berkompeten dan berdaya saing. Lembaga pemberdayaan masyarakat ADEMOS Indonesia melalui program sinau bareng, ikut serta membantu peran pemerintah dalam peningkatan kapasitas pemuda di Bojonegoro. Melalui program sinau bareng, ADEMOS Indonesia mengajak pemuda di Bojonegoro untuk menjadi entrepreneur hebat dan ikut serta membangun desanya masing-masing. Sehingga akan menjadi pemuda yang memiliki rasa kepemilikan serta rasa tanggung jawab terhadap kemajuan desanya serta mampu berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashshofa, Burhan. 1996. Metode penelitian Hukum. Jakarta: Rineka cipta.

A’yuni, D., & Muawanah, M. (2018). Optimalisasi Limbah Rumah Tangga Sebagai Peluang Berwirausaha. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 1(1), 41-48. https://doi.org/10.31538/iijse.v1i1.71

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif . Surabaya: Airlangga University Press.

Mardikanto, Totok dan Soebianto, Poerwoko. 2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Chandra, Teddy. 2014. Pemberdayaan Pemuda Pengangguran Melalui Usaha Industri Kecil Kerajinan Sarung Tenun [Studi pada Pengrajin Tenun di Kelurahan Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang]. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Sawitri, Nurul. 2014. PartisipasI Pemuda dalam Program Karang taruna Desa [Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa]. Semarang; Universitas Ngeri Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-01-31
How to Cite
Istifadhoh, N. (2020). PEMBERDAYAAN PEMUDA KARANG TARUNA MELALUI SINAU BARENG ADEMOS INDONESIA. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2), 147-154. https://doi.org/10.31538/iijse.v2i2.467