Pengaruh Soft Skill dan Dukungan Sosial Teman Kerja Terhadap Kinerja Pemasaran BMT di Yogyakarta

  • Dini Tiara Tajriani Ponpes MIT An-Nur Buuts

Abstract

Divisi pemasaran berperan penting dalam perusahaan dan merupakan ujung tombak dari peningkatan omset sebuah perusahaan. Oleh karenanya seorang pemasar harus mempunyai soft skill yang tinggi agar dapat menjalankan tugas sebaik mungkin dan memerlukan dukungan sosial dari orang lain khususnya rekan kerja agar termotivasi untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh soft skill dan dukungan sosial terhadap kinerja karyawa karyawan BMT di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan judgement sampling, responden penelitian merupakan karyawan BMT bagian pemasaran. Pengolahan dengan ordinary least square menggunakan program Eviews. Hasil penelitian menunjukkan variabel soft skill dan dukungan sosial masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Cherniss, Cary. 1980. Staff Burnout:Job Stress in the Human Services. London: Dage Publications.
Djafaar, F. 2000. Peran Partisipasi Salesman dalam Kelompok Informal terhadap Prestasi Kerja. Skripsi. (tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.
Elfindri, dkk. 2010. Soft skills untuk pendidik. Tanpa Kota: Baduose Media.
Ganster, D.C. Fusilier, M.R., Mayes, B.T. 1986. Role of Social Support in TheExperience of Stress at Work. Jornal of Applied Psychology. 71. 102-110.
Illah, Sailah. 2008. Pengembangan Soft Skills di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Perguruan Tinggi.
Lestari, utami. 2003. Penilaian Kinerja Organisasi Melalui Pendekatan BalancedScorecard (Studi Program Studi Manajemen Fakultas EkonomiUniversitas Jendral Soedirman Purwokerto). Jeba, Vol.5 No.2.
Mc Murtrey., Downey, J.P., Zehmann, S.M. & Friedman, W.H. (2008). Critical skill sets of entry level IT professional: an empirical examination of perceptions from field personnel. Akses tanggal 20 Juni 2010. Journal of Information Technology Education, 7. http://citeseerx.ist.psu.edu.
Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta:BPFE.
Prayitno, A.T. 2005 Hubungan antara dukungan sosial dan self efficacy pada tuna rungu Skripsi Semarang Fakultas Psikologi Unika.
Rasmita, F., Elfindri., Wello, B.M. & Rumengan, J. 2009. Pintar soft skills: Membangun pribadi unggul. Tanpa Kota: Baduose Media.
Reza, A.R. 2010. Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap Kinerja karyawan. Tesis tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Sasongko, Hajar. 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Tenaga Penjualan untuk Meningkatkan Kinerja Tenaga Penjualan. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponogoro Semarang.
Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: PT Grasindo.
Suprihanto, John. 2000. Penilaian Kerja dan Pengembangan Karyawan. Penerbit. BPFE, Yogyakarta.
Published
2019-01-31
Section
Articles