IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL PBL UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA MEROKOK DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • Rika Hari Retnowati SMK Negeri 12 Surabaya
  • Sri Sutriswati SMK Negeri 12 Surabaya

Abstract

Era millennial merupakan era penuh tantangan bagi guru bimbingan konseling
dalam menghadapi perilaku siswa yang beragam. Perilaku siswa SMK yang paling
muda kita temui yakni siswa yang telah terbiasa dengan merokok, Tujuan penelitian
yaitu untuk mengetahui apakah implementasi bimbingan kelompok dengan metode
Problem Based Learning dapat mengurangi kebiasaan merokok pada siswa. Subyek
penelitian berjumlah 10 siswa Kelas XI jurusan Karya Kreatif Logam dan Perhiasan
dengan metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, wawancara, dan
observasi yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan tindakan deskriptif kuantitatif
dan analisis observasi. Hasil penelitian pelaksanaan layanan bimbingan kelompok
dengan metode pembelajaran problem based learning dapat mengurangi kebiasaan siswa
merokok.

Published
2020-01-25