PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEMATIK INTEGRATF UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON GURU MI STAI TARUNA SURABAYA

  • Lisa Alistiana STAI Taruna Surabaya
Keywords: Seni Budaya, Pembelajaran Seni, Tematik Integratif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran seni budaya menggunakan pendekatan tematik integratif. Pembelajaran pendekatan tematik integratif dilaksanakan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu yaitu dengan memadukan konsep tema ke dalam materi pada  mata kuliah  seni budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma kualitatif. Penelitian dilaksanakan di STAI Taruna Surabaya dengan subjek penelitian adalah Mahasiswa PGMI. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan melakukan tahapan reduksi, penyajian, dan verfikasi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran seni budaya di STAI Taruna Surabaya dilaksanakan dengan menggunakan dua cara, yaitu 1) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya, 2) mengintegrasikan konsep tema ke dalam materi pembelajaran seni budaya yang telah diintegrasikan dengan mata kuliah lain.

Published
2020-01-22