PENGARUH PERAN GURU DAN SERVICE LEARNING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK BERMAIN AL HASANAH DESA SAJEN KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

  • Luluil Maknuun +62 822-3338-0006
Keywords: Peran Guru, Pendidikan Berbasis Layanan, Pendidikan Karakter.

Abstract

ABSTRAK

 

Pendidikan karakter adalah nyawa dari pendidikan untuk generasi muda. Jila selama ini anak hanya dibebani dengan tugas yang diberikan guru untuk menjadi idola seperti yang dibayangkan pihak luar, pada pendidikan karakter peserta didik dididik untuk menjadi dirinya sendiri dalam keserasian dengan orang lain, lingkungan dan masa depan bangsa.

Pendidikan karakter adalah sejatinya melalui pemahaman konsep, aplikasi dan refleksi serta penyaturagaan hakikat diri sebagai manusia cerdas dan otonom yang mampu untuk berbuat yang terbaik untuk diinya sendiri, lingkungan, bangsa dan agama. Guru merupakan model yang akan diserap peserta didik, untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran penyatuan antara pengetahuan, refleksi dan amalan. Demikian kuatnya pengaruh guru dibutuhkan orientasi baru guru dalam mendidik karakter yaitu kemampuan pemberdayaan dan pembangunan masyarakat. Guru harus memahami, dapat menarik manfaat langsung dan sekaligus mampu mengembangkan struktur baru dalam masyarakat yang akan memberikan makna langsung bagi peserta didik. Pembangunan masyarakat bagi anak usia dini adalah keterlibatan langsung anak pada kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dibawah kerjasama antara guru dengan masyarakat secara berkesinambungan.

Published
2019-10-09
Section
Articles