WISATA RELIGI DAN PENGEMBANGAN PEMUDA (Studi Sosial-Ekonomi tentang Komunitas Wirausahawan di Pesarean Syaikhona Kholil Bangkalan)

  • Roudhotul Jannah AR SMP Al Hikam Kemayoran Bangkalan
  • Zaini Tamin AR STAI YPBWI Surabaya
Keywords: Wisata Religi, Pemuda, Kewirausahaan

Abstract

Penelitian ini berupaya menganalisis relasi antara wisata religi dan pengembangan pemuda yang berwirausaha di sekitar pesarena Syaikhona KH. Muhammad Kholil Bangkalan. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif menggunakan teori sosial ekonomi Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk perhatian pemerintah kabupaten bangkalan terhadap wisata religi KH. Muhammad Kholil Bangkalan melalui bantuan dana sebesar 500 juta dan bantuan keamanan area parkir. Sedangkan pemerintah desa juga turut andil dalam bantuan petugas parkir dan penataan kios pedagang. Pemerintah Pusat berupaya dalam pengembangan wisata syariah. Pemerintah Bangkalan menanggapi upaya tersebut dengan mengusulkan beralih ke pariwisata syariah dimana wisata religi juga termasuk di dalamnya diharapkan membantu pengembangan ekonomi. Sambutan pemuda berupa peralihan profesi sebagai wirausaha yang semakin meningkat tiap tahunnya dimana dari berwirausaha tersebut, para pemuda mendapatkan penghasilan dan gaya hidup yang lebih daripada sebelumnya. Penulis merekomendasikan beberapa hal, misalnya: pertama, pemerintah Kabupaten melelui Dinas Pariwisata dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi harus lebih memperhatikan objek Wisata Religi dan pengadaan pelatihan kewirausahaan. Bagi masyarakat terkhusus para pemuda bekerjasama dalam memproduksi produk sendiri yang bercirikhaskan Wisata Religi KH. Muhammad Kholil. Hal tersebut juga akan meningkatkan kegiatan ekonomi pemuda dan akan lebih mengenalkan wisata religi ini pada semua elemen masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-02
How to Cite
AR, R., & AR, Z. (2020). WISATA RELIGI DAN PENGEMBANGAN PEMUDA (Studi Sosial-Ekonomi tentang Komunitas Wirausahawan di Pesarean Syaikhona Kholil Bangkalan). Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 5(1), 57-80. https://doi.org/10.1234/altsiq.v5i1.600
Section
Articles