CITRA KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI DI MEDIA SOSIAL PASCA VIRAL HASHTAG #2019GANTIPRESIDEN

  • M Alvin Fatikh Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Pacet Mojokerto
Keywords: citra, komunikasi politik, #2019gantipresiden

Abstract

Menjelang pemilu Presiden 2019 media sosial Instagram banyak mewarnai pecitraan melalui  kegiatan yang sudah di persiapkan sejak lama. Proses pencitraan di mata khalayak pemilih yang bersifat positif di mainkan sejak lama agar mengenang di benak masyarakat. Hal ini juga dilakukan oleh Jokowi yang menjadi petahana dalam pemilu 2019, Jokowi menjelang Pilpres 2019 mendapat perlawanan dengan munculnya kelompok #2019gantipresiden yang ramai berkembang di media sosial, dengan menggunakan teori dramaturgi oleh Erving Goffman dan menggunakan kerangka kerja Hermeneutika untuk menggali makna teks yang ada. Artikel ini menganalisa panggung depan (front stage) dan panggung belakang (backstage) serta mengalisa makna teks yang dilakukan oleh akun @jokowi. Dari hasil analisis dapat terlihat bahwa Jokowi melakakukan pencitraan dalam komunikasi politiknya dengan menguatkan identitas gaya komunikasi kesetaraan (equalitarian), menonjolkan kemeja putih dengan lengan terlipat, memakai analogi film Infinity War dalam berbicara di forum ekonomi dunia dan keberhasilan membuka lapangan pekerjaan untuk mendapatkan nilai positif di masyarakat dan cenderung menutupi isu-isu yang di mainkan oleh kelompok #2019gantipresiden dengan postingan keberhasilan kerja nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Anwar. 2003. Komunikasi Poitik : Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta. PT. Balai Pustaka.
Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Mahdi. 2007. Hermeneutika-fenomenolofi paul recouer : dari pembacaan simbol hingga pembacaan teks aksi sejarah. Hermenia Jurnal kajian Islam Interdisipliner. 6 (1) : 26-27.
Nimmo. 2011. Komunikasi Politik: Komunikator,Pesan,dan Media. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Widodo, Suko. 2010. Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial. Malang: Aditya Media.
Published
2019-04-27
How to Cite
Fatikh, M. A. (2019). CITRA KOMUNIKASI POLITIK JOKOWI DI MEDIA SOSIAL PASCA VIRAL HASHTAG #2019GANTIPRESIDEN. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 4(1, April), 31-49. Retrieved from http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/altsiq/article/view/229