Efektivitas Penggunaan Media Online Sebagai Sarana Dakwah

  • Fadly Usman Universitas Brawijaya
Keywords: media online, Media sosial, Dakwah Islam, Korelasi

Abstract

Penggunaan media online sebagai sarana dakwah dewasa ini mulai menjadi alternative dalam
berdakwah. Dalam menyampaikan materi-materi dakwah, seorang pendakwah bisa saja
memiliki akun di media social seperti; facebook, twitter, LINE, WhatsApp, Path atau media
online lainnya seperti; Youtube, Instagram, Weblog, LinkedIn dan sebagainya. Apakah efektif
metode dakwah yang mereka pilih? Dalam penelitian ini dilakukan survei terhadap 200
responden dari beberapa kelompok masyarakat, untuk mengukur tingkat efektifitas dakwah
Islam melalui media online. Metode yang dipakai adalah dengan menggunakan analisis
statistic, kemudia dilakukan uji korelasi dan konsistensi berdasarkan hasil kuisioner dari
responden. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sejak usia pelajar sampai
dengan usia kerja telah memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan informasi terkini
melalui media online. Dari hasil uji korelasi menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi lama
penggunaan smartphone dengan aktifitas mencari informasi tentang dakwah Islam adalah
0.8035, bahkan 46% sangat sering mencari literatur tentang pengetahuan agama melalui media
online. Hal ini menunjukkan bahwa materi-materi dakwah Islam yang disampaikan melalui
media online sangat efektif, khususnya bagi pengguna telepon pintar atau smartphone

Published
2016-03-09
Section
Articles