PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DI PESANTREN

  • Mujahid Anshori Institut Pesantren KH. Abdul Chalim

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan, pertama, tentang bentuk
kurikulum Madrasah Aliyah Al-Hikmah
Sumobito sebelum dilakukan pengembangan.
Kedua, mengetahui dan mendeskripsikan
dengan detail pengembangan kurikulum
MANJ, dan yang ketiga, adalah untuk
mendeskripsikan dampak dari adanya
pengembangan kurikulum dalam
meningkatkan mutu pendidikan.
Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan fenomenologik, yaitu memahami
aktivitas pengembangan kurikulum yang
terjadi di MA Al-Hikmah Sumobito dan
jenisnya studi kasus dengan kasus tunggal dan
analisis tunggal. Peneliti menggunakan teknik
pengumpulan data dengan observasi,

wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
mengambil latar alamiah Madrasah Aliyah
yang ada di lingkungan Pesantren Al-Hikmah
Sumobito. Sebagai informannya adalah kepala
sekolah, waka kurikulum, komite sekolah,
pengurus pesantren, waka kesiswaan, dan wali
kelas satu, dua, dan tiga. Dalam menguji
keabsahan data peneliti menggunakan derajat
kredibilitas dengan trianggulasi, pemeriksaan
sejawat melalui diskusi dan keajegan dalam
penelitian.

Published
2020-01-30